Program Kartu Pra Kerja

 Cara Daftar Kartu Pra Kerja Hingga Menerima Pembayarannya
 Cara Daftar Kartu Pra Kerja Hingga Menerima Pembayarannya

Bagi anda yang sedang mencari pekerjaan atau baru saja putus hubungan kerja dengan perusahaan, tidak perlu pusing dalam mencari pekerjaan lagi, karena pemerintah sudah memberikan solusi terbaik untuk membantu penangguran ataupun orang yang ingin melatih skill kerja mereka dengan sistem kartu pra kerja.

Sebagai masyarakat yang awam dan minim informasi terkait dengan kartu pra kerja, mungkin anda bertanya-tanya sebenarnya apa itu kartu pra kerja dan seperti apa fungsinya nanti.

Beruntung kalau anda menemukan website ini, karena kami akan membahas informasi tersebut secara lengkap.

Mulai dari proses daftar kartu pra kerja hingga cara menerima pembayarannya.

Menariknya disini, kami akan bahas artikel per topik sehingga yang diharapkan, anda bisa memahami isi konten artikel ini dengan baik dan mampu menerapkannya secara langsung.

Cara Lengkap Daftar Kartu Pra Kerja Hingga Terima Insentif atau Pembayaran


Belum lama ini pemerintah mengeluarkan sistem kartu pra kerja yang tentu direspon secara positif oleh banyak orang, terutama mereka yang kesulitan membutuhkan pekerjaan namun tidak kujung mendapatkan panggilan dari perusahaan.

Ataupun bagi anda yang baru saja berhenti kerja karena alasan tertentu, secara umum kartu pra kerja ini sebagai “jembatan” bagi semua orang untuk memperoleh pekerjaan dengan mudah, hanya saja tidak secepat yang kita pikirkan.

Ada beberapa pelatihan khusus yang harus di ikuti oleh semua peserta, terutama mereka yang ingin melatih skill dan belajar menjadi seorang pekerja yang benar-benar kompeten di bidangnya.

Bagi anda yang berhasil mendaftar di kartu pra kerja dan sudah melewati semua ujian dan pelatihan, maka anda akan menerima bantuan ataupun tunjangan sebesar 3.5 juta rupiah yang langsung di transfer ke rekening kartu pra kerja anda. Bagaimana sangat menarik bukan ?

Bahkan anda yang pengangguran sekalipun bisa mendpatkan kesempatan untuk digaji oleh pemerintah setiap bulannya hanya dengan memiliki kartu pra kerja ini.

Tentu untuk melakukan pendaftaran sendiri tidak semudah yang kita pikirkan, ada beberapa persyaratan penting yang wajib anda pahami, karena kalau anda tidak memperhatikan proses pendaftaran dengan baik dan benar, besar kemungkinan pengajuan anda akan ditolak.

Jadi, biar lebih lengkap informasinya langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Pembagian Topik Informasi
  1. Apa itu kartu pra kerja beserta fungsinya
  2. Syarat utama penerima kartu pra kerja
  3. Cara mendapatkan kartu pra kerja
  4. Cara menerima pembayaran kartu pra kerja
  5. Bantuan kartu pra kerja bisa hangus ?
  6. Kapan bisa daftar kartu pra kerja ?
Semua rangkuman topik ini kami buat sebagai bentuk informasi yang lengkap bagi anda yang ingin mencari tahu lebih dalam mengenai kartu pra kerja hingga proses pembayarannya melalui banyak merchant. Kita masuk ke poin pertama.

Apa itu kartu pra kerja beserta fungsinya ?


Kartu Prakerja adalah bantuan atau pelatihan yang diberikan oleh pemerintah dengan memberikan fasilitas lengkap bagi calon pencari kerja maupun orang yang masih belum bekerja.

Anda akan mendapatkan pelatihan secara khusu baik online dan offline sesuai dengan regulasi yang sudah diberikan oleh panita kartu pra kerja.

Tentu ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin meningkatkan skill dalam bekerja terutama bidang yang anda inginkan.

Kartu prakerja ditunjukkan untuk semua orang terbatas pada mereka yang mencari kerja, buruh atau karyawan yang sudah bekerja, pengangguran dan semua orang yang tidak sedang melaksanakan pendidikan formal dan mereka yang sudah berumur 17 tahun keatas.

Namun saat ini, sistem kartu pra kerja yang dibuat oleh pemerintah lebih mengutamakan mereka yang sedang mencari pekerjaan atau sedang menganggur, sedangkan anda yang sudah bekerja tentu masih bisa mendaftar dan mencoba mengasah skill dari pelatihan yang diberikan.

Perlu untuk anda ketahui untuk jumlah dana yang kucurkan oleh pemerintah untuk menjalankan program kartu prakerja ini mencapai 20 triliun rupiah yang artinya semua orang dengan syarat tertentu memiliki kesempatan yang sama untuk diterima.

Sedangkan kalau fungsi atau manfaat dari kartu pra kerja ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dalam skill bekerja dan memberikan peluang yang lebih besar untuk mereka diterima kerja “ khusus untuk pengangguran “ di perusahaan yang di inginkan.

Syarat Utama Penerima Kartu Pra Kerja


Bagi anda yang tertarik untuk daftar kartu pra kerja, anda tidak perlu pusing memikirkan persyaratan yang kiranya dianggap cukup ribet atau sulit.

Karena untuk bisa mendapatkan kartu pra kerja ini tidak dibutuhkan banyak persyaratan, adapun syarat utama yang perlu anda siapkan ketika ingin daftar kartu pra kerja itu sebagai berikut.

  • Tidak sedang sekolah ataupun kuliah / Tidak dalam pendidikan formal
  • Berusia setidaknya 18 tahun ke atas
  • Warga Negara Indonesia
  • Bukti identitas KTP dan dokumen tambahan lain jika diperlukan
Kami rasa syarat yang dibutuhkan tidak terlalu sulit untuk anda lengkapi jika ingin mendapatkan kartu pra kerja, mari kita bahas ke informasi berikutnya mengenai cara dapatkan kartu pra kerja dengan mudah.

Cara Dapatkan Kartu Pra Kerja


Bagi anda yang tertarik dengan program pemerintah ini, maka bisa mengikuti tutorial dari kami mengenai cara mudah daftar kartu pra kerja dengan tahapan-tahapan yang mudah untuk diikuti.

Anda bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini dengan baik-baik.

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan terebih dahulu adalah masuk ke website resmi kartu prakerja di www.prakerja.go.id


 
2. Kemudian langkah berikutnya anda bisa klik tombol yang ada di sana “ DAFTAR SEKARANG



3. Tahap berikutnya anda akan diminta untuk memasukkan email aktif, kemudian mengisi password dan konfirmasi password kembali. Pastikan email dan password harus disimpan baik-baik agar tidak lupa nanti waktu login. 

4. Tahap berikutnya, anda bisa centang kolom informasi yang didalamnya berisikan persetujuan layanan serta s&k yang berlaku untuk program kartu pra kerja ini.

5. Tahap berikutnya klik “ Daftar


6. Setelah itu anda harus mengecek email masuk terlebih dahulu dan mengkuti pentunjuk yang diberikan oleh email tersebut dan melanjutkan ke tahap berikutnya. Besar kemungkinan, diwaktu itu harus verifikasi email dahulu.


7. Setelah konformasi atau verifikasi email sudah berhasil, tahap berikutnya anda bisa langsung masuk ke situs pra kerja kembali.

8. Silahkan lihat menu “ daftar sekarang “ dan pada baian bawahnya ada menu “ login “, klik menu login untuk masuk ke akun prakerja anda.

9. Masukkan email dan password yang anda buat diawal pendaftaran tadi

10. Klik “ Login


11. Setelah itu, anda harus memasukkan beberapa data yang diperlukan sebagai persyaratan utama untuk menjadi peserta karu pra kerja. Mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nomor KTP, tempat tinggal, status bekerja, pendidikan, foto KTP, Foto selfi dengan KTP dan informasi yang dibutuhkan lainnya.


12. Klik “ Berikutnya



13. Selanjutnya anda akan dminati untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS dari nomor telepon yang sudah anda daftarkan


14. Pastikan menunggu hingga 15 menit sampai kode OTP masuk ke hp anda, dan masukkan kode ke situs jika diperlukan

15. Setelah mendapatkan email pemberitahuan ini, maka anda harus menyelesaikan beberapa tes yang diberikan secara online



16. Setelah itu anda akan mendapatkan email dari Prakerja dan masuk ke gelombang pendaftaran yang sedang dibuka 

17. Selanjutnya, anda akan menerima kartu prakerja yang diberitahukan lewat email serta memperoleh 16 kode unik.

18. Kode ini merupakan pengganti dari kartu fisik yang nanti bisa digunakan untuk menerima pembayaran

Cara Mengikuti Tes Kartu Prakerja ( Pelatihan dan Pasca pelatihan )


  • Terlebih dahulu anda harus memilih mitra resmi dari situs prakerja seperti ruang guru, maubelajarapa, bukalalap, sekolahmu, pijarmahir, sisnaker, tokopedia dan lain-lainnya.
  • Ada 900 pelatihan online dari tingkat paling mudah hingga sulit
  • Bayar dengan kode yang anda dapatkan tadi “ 16 digit “
  • Selesaikan pelatihan online dan anda akan mendapatkan sertifikat elektronik
  • Setelah semua tuntas, anda harus memberi ulasan dan rating terhadap pelatihan yang sudah anda lalui. Pada tahap ini anda akan mendapatkan insentif dari pasca pelatihan
  • Kemudian anda harus mengisi survey terlebih dahulu untuk memperoleh insentif dari setiap surveynya.

Cara menerima pembayaran kartu pra kerja


Setelah anda mengkuti semua prosedur yang sudah kami jelaskan diatas, sekarang kami anggap anda sudah lolos dari pelatihan dan menerima insentif atau bantuan yang dijanjikan oleh pemerintah sebesar 3.550.000 juta. Berikut ini adalah rinciannya.

  • Biaya pelatihan online 1 juta untuk membayar semua aneka platform yang anda ikuti
  • Insentif juga akan ditransfer ke rekening digital payment yang anda miliki seperti Ovo, Gopay dan LinkAja
  • Insentif pasca penuntasan akan mendapatkan sekitar 600.000 per bulan, untuk 4 bulan ( Rp. 2.400.000 )
  • Sedangkan insentif pasca pengisian survei bisa mendapatkan 50.000 per survei, untuk 3 x survei ( Rp. 150.000 )
  • Bantuan ini hanya diberikan 1 kali untuk satu orang yang sudah menjadi peserta kartu pra kerja.
Jadi anda akan menerima dana dengan total Rp. 3.550.000 yang masing-masing dialokasikan dengan kebutuhan pelatihan online. 600.000 x 4 bulan insentif akan masuk ke rekening digital anda dan 1 juta untuk pelatihan dari mitra yang bekerjasama dengan prakerja.go.id.

Bantuan kartu pra kerja bisa hangus ?


Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber, insentif atau dana kartu prakerja ini bisa hangus kalau tidak di pakai untuk pelatihan online sejak pertama kali anda mendapatkan dana tersebut. Rincian informasinya sebagai berikut.

  • Bantuan akan hangus jika dalam 30 hari kerja semenjak peserta mendapatkan dana tidak dipakai dalam pelatihan pertama, secara otomatis dana tidak bisa di gunakan kembali.
  • Setelah peserta menyelesaikan semua pelatihan, berikutnya peserta harus memilih pelatihan baru dan membayar dengan kartu virtual atau 16 digit nomor yang didapatkan
  • Sisa bantuan pelatihan bisa digunakan kembali untuk pelatihan atau membeli modul pelatihan berikutnya sampai 31 desember 2020.
  • Dana bantuan ini hanya bisa dipakai untuk membayar pelatihan yang dilakukan oleh peserta yang suah terdaftar di kartu prakerja.
Bagaimana menguntungkan bukan ? Dengan begitu anda bisa melatih skill sesuai dengan bidang pekerjaan yang anda inginkan.

Selain itu juga, dengan adanya kartu pra kerja ini lebih meningkatkan peluang bagi setiap pengangguran ataupun orang yang sedang mencari pekerja untuk diterima perusahaan yang inginkan.

Hanya saja, ini juga membutuhkan waktu dan tidak secepat yang kita pikirkan.

Paling tidak, pemerintah sudah membantu memberikan dukungan untuk semua masyarakat yang selama ini masih menganggur karena kesulitan mencari pekerjaan.

Kapan bisa daftar kartu pra kerja ?


Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, terkait dengan waktu proses pendaftaran dibuka saat ini sudah di tahap kedua atau gelombang dua.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena pendaftaran kartu pra kerja setiap minggunya dibuka kuota mencapai 164 ribu orang, artinya anda masih memiliki kesempatan untuk daftar dan menjadi peserta di program kartu pra kerja ini.

Pendaftaran akan terus dibuka sampai batas waktu terakhir yaitu november 2020 tahun ini.

Pemerintah selalu membuka pendaftaran kartu pra kerja terbaru dengan kuota 164 ribu orang untuk setiap minggunya. Adapun informasi selengkapnya mengenai waktu pendaftaran bisa lihat dibawah ini.

  • Gelombang pertama sudah dibuka di tanggal 16 april 2020 waktu lalu di pukul 16.00
  • Pendataran bisa dilakukan selama 24 jam, tips biar proses pendaftaran lancar, pastikan koneksi internet lancar dan gunakan komputer atau laptop
  • Pendaftar yang lolos segera di umumkan di hari berikutnya, ini juga berlaku untuk setiap tahap pendaftaran di setiap minggunya. Contoh pendaftaran di tanggal 16 april, maka pengumuman di lakukan tanggal 17 april 2020
  • Pelatihan online dibuka di hari berikutnya tanggal 18 april, ini juga berlaku untuk minggu-minggu berikutnya
  • Bagi yang belum lolos, bisa bergabung dengan gelombang berikutnya tanpa harus melakukan proses pendaftaran kembali
  • Ada sekitar 30 gelombang yang dibuka hingga akhir tahun ini.

Tips agar proses pendaftaran kartu pra kerja bisa lancar dan berhasil


Kami memiliki tips untuk anda yang ingin mendaftar di kartu pra kerja namun takut gagal atau tida lancar dikarenakan banyak masalah.

Nah, hal utama yang perlu anda lakukan adalah mengecek kondisi internet terlebih dahulu apakah sudah stabil atau tidak, kemudian cek kembali keadaan laptop ataupun PC anda apakah berfungsi normal atau tidak.

Kalau saran saya daftar di malam hari pukul 21.00 atau di pagi hari pukul 05.00 karena di jam-jam tersebut masih sepi peserta sehingga website tidak terlalu berat untuk diakses.

Silahkan langsung saja dicoba. Sedangkan kalau anda masih mengalami banyak kendapa pada saat proses pendaftaran, silahkan hubungi layanan atau petugas yang sedang bekerja di nomor 021-25541246 di hari senin – jumat pukul 08.00 – 19.00 wib setiap harinya. Informasi dan gangguan bisa anda jelaskan secara detail lewat petugas di nomor tersebut.

Oke, sampai disini dulu informasi lengkap mengenai program kartu prakerja yang bisa anda coba ikuti, meskipun begitu harus tetap berjuang untuk bisa diterima kartu pra kerja.

Ayo buktikan kalau diri anda bisa diterima dan menjadi pribadi yang memiliki skill dan kompetensi yang baik sebagai seorang pekerja untuk masa depan anda.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Sumber : Seodzgn
Jika anda Tertarik dan Berminat Melamar Pekerjaan untuk Posisi Yang Kami Sebutkan diatas, Pendaftaran dapat anda Lanjutkan di Halaman Sebelumnya dengan Memilih Tombol Pendaftaran sesuai Nama Perusahaan atau Jika tidak tersedia dapat Juga Membuka Link Official sitenya Yang Telah Kami Sediakan untuk Lanjut Ke Situs Pendaftarannya. Untuk Melanjutkan Silahkan Buka:



Segeralah Mengirimkan Aplikasi Lamaran anda, Karena Lowongan ini dapat Tutup Kapan saja Tanpa Pemberitahuan.

Jika anda Suka dengan Informasi dari Kami, Silahkan Bergabung di Group Lowongan Kerja via Telegram Gabung Sekarang

About - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap